Berdasarkan Surat Keputusan Panitia Instansi Daerah Nomor : 01/Pan-Inst-Drh/CASN/VI/2021 tanggal 29 Juni 2021 tentang PETUNJUK TEKNIS SYARAT ADMINISTRASI DAN PENDAFTARAN CALON APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN POHUWATO TAHUN ANGGARAN 2021, maka Persyaratan Seleksi Adminsitrasi Calon Pegawai Aparatur Sipil Negara Instansi Pemerintah Kabupaten Pohuwato adalah sebagai berikut :
TATA CARA PENDAFTARAN
- Pendaftaran dilakukan secara online melalui Portal SSCASN https://sscasn.bkn.go.id, dimulai dari tanggal 30 Juni 2021 Pukul 23.59 WITA sampai dengan tanggal 21 Juli 2021 Pukul 23.59 WITA.
- Calon Pelamar Seleksi Penerimaan CPNS wajib memiliki akun Surat Elektronik atau email yang masih aktif/berlaku;
- Pendaftaran sebagaimana dimaksud pada poin 1, dilakukan dengan cara memasukkan data pelamar ke portal SSCASN, paling kurang terdiri atas :
- nomor identitas kependudukan;
- nama lengkap;
- tempat (kabupaten/kota), tanggal, bulan, dan tahun kelahiran;
- kualifikasi pendidikan sesuai ljazah yang dimiliki yang disyaratkan oleh jabatan;
- jabatan yang dilamar;
- instansi yang dilamar;
- alamat e-mail; dan
- nomor telepon atau handphone yang bisa dihubungi.
- Berdasarkan pendaftaran sebagaimana dimaksud pada poin 1, setiap pelamar mendapatkan nomor registrasi.
- Nomor registrasi sebagaimana dimaksud pada poin 4, digunakan untuk melakukan tahapan selanjutnya yaitu seleksi administrasi;
- Setelah melakukan pendaftaran sebagaimana dimaksud pada poin 5, pelamar juga menyampaikan dokumen dalam bentuk softcopy atau elektronik;
- Dalam hal dokumen sebagaimana dimaksud pada poin 6 disampaikan secara elektronik maka dokumen disampaikan dalam bentuk pindai dokumen asli dan diunggah oleh pelamar pada saat mendaftar melalui website https://sscasn.bkn.go.id;
- Pastikan seluruh syarat telah dipenuhi sebelum mengakhiri pendaftaran.
UNGGAH DOKUMEN
A. Bagi Pelamar CPNS
Penyampaian dokumen secara elektronik saat mendaftar di instansi Pemerintah Kabupaten Pohuwato wajib diunggah pelamar pada formasi CPNS melalui https://sscasn.bkn.go.id, dengan ketentuan dokumen sebagai berikut :
- Scan Surat Lamaran, dengan ketentuan :
- Surat lamaran ditulis tangan, tinta hitam, kertas folio bergaris, menggunakan huruf kapital, dan ditandatangani asli diatas materai Rp. 10.000,- yang ditujukan kepada BUPATI POHUWATO; (Download format Surat Lamaran)
- Upload dokumen surat lamaran dengan max-size : 500 kb, dengan ekstensi file : PDF.
- Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, dengan ketentuan:
- Kartu Tanda Penduduk Asli; atau
- Surat Keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil setempat;
- Upload dokumen max-size 500 kb, dengan ekstensi file : JPG
- Scan Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi, dengan ketentuan :
- Akreditasi yang diakui adalah status akreditasi yang tertera pada saat kelulusan sesuai dengan tanggal ijazah.
- Bukti Akreditasi Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dan Bukti Akreditasi Program Studi saat kelulusan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan/atau Pusdiknakes/Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PT Kes);
- Bukti profil mahasiswa pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang diakses di https://pddikti.kemdikbud.go.id/;
- Sertifikat Akreditasi PT dan Prodi serta Screenshoot Forlapdikti, dibuat multi page dalam 1 (satu) file PDF;
- Upload dokumen sebagaimana tersebut diatas, max-size 500 kb, dengan dengan ekstensi file : PDF.
- Scan Surat Pernyataan, dengan ketentuan :
- Surat Pernyataan diketik menggunakan font Arial 11, ukuran kertas A4 dan ditandatangani diatas materai Rp. 10.000,- (Download format Surat Pernyataan)
- Upload dokumen Surat Pernyataan dengan max-size : 1000 kb, dengan ekstensi file : PDF.
- Scan Ijazah asli sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan dalam formasi jabatan yang dilamar, dengan ketentuan Upload dokumen max-size 1000 kb, dengan ekstensi file : PDF.
- Scan Transkrip Nilai Asli, dengan ketentuan Upload dokumen Transkrip Nilai, max-size 1000 kb, dengan ekstensi file : PDF.
- Pas foto, dengan ketentuan :
- Foto berwarna terbaru:
- Tidak diperkenankan menggunakan pas foto saat wisuda atau foto hajatan;
- Foto terbaru menggunakan kemeja/blouse warna PUTIH dan/atau bercorak dominan warna putih;
- Bagi wanita berjilbab menggunakan jilbab warna KREM atau COKELAT MUDA;
- Tidak bercadar.
- Berlatar belakang warna MERAH;
- Upload foto, min-size 120 kb dan max-size 300 kb, dengan ekstensi file : JPG.
- Scan asli Surat Tanda Registrasi (STR) untuk pelamar jabatan tenaga kesehatan, dengan ketentuan :
- Calon pelamar jabatan tenaga kesehatan, untuk semua jenis jabatan kesehatan yang dibuka di Kabupaten Pohuwato, WAJIB melampirkan STR (bukan internship) sesuai jabatan yang dilamar (linier);
- Surat Tanda Registrasi (STR) yang diupload harus masih berlaku pada saat pendaftaran, dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis pada Surat Tanda Registrasi (STR);
- Upload dokumen STR, max-size 800 kb. dengan ekstensi file : PDF.
- Scan Surat Keterangan Dokter khusus Bagi Penyandang Disabilitas, dengan ketentuan :
- Surat Keterangan dokter yang menerangkan jenis/tingkat disabilitas bagi penyandang disabilitas Tunadaksa, max-sixe 800 kb, dengan dengan ekstensi file : PDF.
- Setelah semua tahapan pendaftaran selesai, pelamar wajib mencetak Kartu bukti Pendaftaran SSCASN 2021.
- Menunggu pengumuman hasil seleksi administrasi dan masa sanggah. Tentatif Pelaksanaan Klik Disini
B. Bagi Pelamar PPPK Jabatan Fungsional Non Guru
Penyampaian dokumen secara elektronik saat mendaftar di instansi Pemerintah Kabupaten Pohuwato wajib diunggah pelamar pada formasi PPPK Jabatan Fungsional Non Guru melalui https://sscasn.bkn.go.id, dengan ketentuan dokumen sebagai berikut :
- Jenis dan Syarat dokumen sama ketentuannya dengan dokumen pada formasi CPNS, yakni ketentuan pada nomor 2 dan 3, serta nomor 5 s.d 9;
- Scan Surat Keterangan memiliki pengalaman kerja pada instansi pemerintah dan/atau instansi swasta, dengan ketentuan :
- Surat Keterangan memiliki masa kerja minimal 3 (tiga) tahun ditandatangani oleh Pimpinan Tinggi Pratama bagi yang bekerja di instansi pemerintah dan/atau Kepala Divisi yang membidangi SDM bagi yang bekerja di instansi swasta;
- Surat Keterangan pengalaman kerja digabungkan menjadi 1 file dengan dokumen Ijazah;
- Ketentuan pada huruf b, tidak berlaku untuk eks-Tenaga Honorer Kategori 2 Kabupaten Pohuwato;
- Upload dokumen max-size 1000 kb, dengan ekstensi file : PDF.
- Setelah semua tahapan pendaftaran selesai, pelamar wajib mencetak Kartu bukti Pendaftaran SSCASN 2021.
- Menunggu pengumuman hasil seleksi administrasi dan masa sanggah. Tentatif Pelaksanaan Klik Disini
C. Bagi Pelamar PPPK Jabatan Fungsional Guru
Penyampaian dokumen secara elektronik saat mendaftar di instansi Pemerintah Kabupaten Pohuwato wajib diunggah pelamar pada formasi PPPK Jabatan Fungsional Guru melalui https://sscasn.bkn.go.id, dengan ketentuan dokumen sebagai berikut :
- Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, dengan ketentuan:
- Kartu Tanda Penduduk Asli; atau
- Surat Keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil setempat;
- Upload dokumen max-size 500 kb, dengan ekstensi file : JPG
- Scan Ijazah asli sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan dalam formasi jabatan yang dilamar, dengan ketentuan Upload dokumen max-size 1000 kb, dengan ekstensi file : PDF.
- Scan Transkrip Nilai Asli, dengan ketentuan Upload dokumen Transkrip Nilai, max-size 1000 kb, dengan ekstensi file : PDF.
- Pas foto, dengan ketentuan :
- Foto berwarna terbaru:
- Tidak diperkenankan menggunakan pas foto saat wisuda atau foto hajatan;
- Foto terbaru menggunakan kemeja/blouse warna PUTIH dan/atau bercorak dominan warna putih;
- Bagi wanita berjilbab menggunakan jilbab warna KREM atau COKELAT MUDA;
- Tidak bercadar.
- Berlatar belakang warna MERAH;
- Upload foto, min-size 120 kb dan max-size 300 kb, dengan ekstensi file : JPG.
- Scan Sertifikat Pendidik asli bagi yang memiliki, dengan ketentuan:
- Sertifikat Pendidik harus linier dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki dan sesuai dengan lokasi formasi yang dipilih;
- Upload dokumen max-size 1000 kb, dengan ekstensi file : PDF.
- Pelaksanaan pengadaan PPPK JF guru pada Instansi Daerah tahun 2021 dilakukan secara nasional oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi sebagai Instansi Pembina JF guru dengan berkoordinasi dan dilakukan pengawasan oleh Panselnas.
- Informasi resmi yang terkait dengan seleksi penerimaan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Jabatan Fungsional Guru dapat dilihat pada laman : https://gurupppk.kemdikbud.go.id.
KETENTUAN LAIN
- Pelamar TIDAK PERLU mengirimkan lagi dokumen fisik ke Panitia Seleksi Daerah, pelamar cukup mengunggah dokumen elektronik sesuai syarat di portal SSCASN;
- Seleksi Penerimaan CPNS DAN PPPK Jabatan Fungsional Non Guru Tahun 2021 akan menggunakan Sistem CAT (Computer Assisted Test) dan Seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru tahun 2021 akan menggunakan Sistem UNBK Kemdikbud;
- Pemerintah Kabupaten Pohuwato tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengastanamakan Tim Pengadaan CPNS dan dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk lain;
- Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar dan dikemudian hari diketahui baik pada setiap tahapan pendaftaran, seleksi, maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS, maka Pemerintah Kabupaten Pohuwato BERHAK MENGGUGURKAN KELULUSAN tersebut dan/atau DIBERHENTIKAN TIDAK DENGAN HORMAT sebagi CPNS/PNS, menuntut ganti rugi atas kerugian Negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut dan melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwajib karena memberikan keterangan palsu;
- Untuk mengikuti seluruh Seleksi Penerimaan CPNS Tahun 2021, para peserta tes TIDAK DIPUNGUT BIAYA apapun;
- Keputusan Panitia Instansi Daerah Pengadaan Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2021 tidak dapat diganggu gugat dan bersifat mutlak;
- Apabila ada perubahan jadwal pendaftaran dan hal-hal lainnya, akan segera diumumkan melalui https://bkppd.pohuwatokab.go.id/portalcasn;
- Pelayanan dan penjelasan informasi serta pengaduan terkait pelaksanaan seleksi CPNS Pemerintah Kabupaten Pohuwato Tahun 2021 dapat melalui Halaman BANTUAN pada Portal CASN Kabupaten Pohuwato https://bkppd.pohuwatokab.go.id/portalcasn pada hari dan jam kerja.
Silahkan
KLIK DISINI untuk melihat lampiran pengumuman.