Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah bagi Bendahara Penerimaan dan Pengeluaran

Diposting tanggal: 09-05-2012


BPKAD sebagai pengelola keuangan daerah, Inspektorat sebagai badan pengawasan dan BKPPD Kabupaten Pohuwato sebagai lembaga diklat daerah melaksanakan Bimtek Pengelola Keuangan Daerah bagi bendahara penerimaan dan pengeluaran.

Agenda ini merupakan pengejewantahan dari penyelenggaraan diklat satu pintu dan pelaksanaannya diselenggarakan di Manado Provinsi Sulawesi Utara, tepatnya di Hotel Sahid Kawanua Manado dengan pemateri para auditor dari Lembaga Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulut.

Kegiatan diawali dengan penerimaan peserta (check in) pada hari selasa, tanggal 8 Mei 2012, kemarin. Dan untuk lebih mengarahkan dan mengejar kualitas dari penyelenggaraan bimtek ini, maka dilakukan pengarahan program oleh penyelenggara diklat.

Dalam pengarahan program diulas apa yang menjadi kewajiban dan larangan bagi peserta, sehingga kegiatan ini dapat terarah dan mencapai kualitas dan sasaran yang hendak dicapai. Usai dari pengarahan program dilakukan free test bagi peserta dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta yang nota bene bendahara pada SKPD di lingkungan pemda pohuwato tentang pengelolaan keuangan daerah.

Menurut Kasubid Analisis Kebutuhan Diklat, Rahmat Ma’ruf setelah free test bahwa berdasarkan hasil free test didapati sebagian besar peserta (bendahara penerimaan dan pengeluaran, red) mengetahui prosedur pekerjaannya hanya melalui pengalamannya sebagai bendahara, sementara regulasi yang mendasari pelaksanaan tugas sebagian besar belum memahaminya.

Hari ini, Rabu (09/05) pukul 08.00 WITA, pelaksanaan kegiatan bimtek dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras. Mengingat pentingnya kegiatan ini sehingga mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah kabupaten pohuwato, sehingga pada acara pembukaan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati.

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengharapkan kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan bimtek ini dengan sebaik mungkin. “Peserta diharapkan dapat memberikan pertanyaan – pertanyaan kepada narasumber apa yang menjadi kendala dan belum dipahami dalam pelaksanaan tugas di daerah sebagai bendahara” Ujar Wakil Bupati.

Selain arahan motivasi pun diberikan kepada peserta dan penyelenggara untuk melaksanakan tugasnya masing – masing dalam kegiatan bimtek. Sehingga harapan pemerintah daerah kabupaten pohuwato dalam mencapai opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dapat terwujud yang saat ini masih dalam opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian).

Beliau pun menitip pesan kepada penyelenggara kiranya dapat memberikan excellent service kepada peserta dan juga fasilitator. Sehingga kenyamanan selama mengikuti bimtek dapat membuahkan keseriusan yang pada gilirannya peningkatan kompetensi bagi bendahara dapat terwujud.

Hadir dalam kegiatan ini, unsur pemerintah Kabupaten Pohuwato dan Perwakilan BKPK Provinsi Gorontalo dan BPKP Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan Bimtek direncanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 12 Mei 2012 dengan materi – materi diklat diantaranya peningkatan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) dalam rangka menuju opini WTP, Strategi Pengelolaan keuangan daerah, Penyusuna Anggaran RKA-SKPD, Penyusunan Laporan Keuangan SKPD, dan Penatausahaan keuangan daerah.



  • ON FACEBOOK
  • ON TWITTER

  • ON INSTAGRAM
  • CHANNEL YOUTUBE
  • DAKDAJKAJ
  • KONTAK ADMIN
  • DADHAJDKAJD
  • KUNJUNGAN

  • Hak cipta © BKPPD Kabupaten Pohuwato.
    Semua Hak Dilindungi.
    Dikelola oleh Bidang Sistem Informasi Kepegawaian