Wabup Amin Haras Temui KemenPAN-RB, Perjuangkan Alokasi Formasi Penerimaan CPNS Dan P3K

Diposting tanggal: 08-08-2019


POHUWATO – Wakil Bupati Amin Haras didampingi Kabid Kajian Pengembangan Aparatur dan Diklat BKPP Pohuwato, Rahmat Ma’ruf melakukan audensi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diterima oleh Deputi Bidang SDM Aparatur DR. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl., S.E., M.Eng, Selasa (6/8).

Audensi tersebut terkait dengan klarifikasi tentang masalah pengisian formasi CPNS dan PPPK di Kabupaten Pohuwato, yang pelaksanaannya di tahun 2019 ini.

Menurut Kemenpan-RB, Instansi Pemkab Pohuwato tidak mengusulkan pengisian formasi kebutuhan Pegawai ASN. Padahal jelas Wakil Bupati, Pemkab Pohuwato sudah mengusulkan baik secara manual maupun secara online melalui sistem informasi e-Formasi. Hanya saja kemungkinan sistem di Kemenpan-RB mengalami gangguan, sehingga usulan Pemkab Pohuwato tidak terbaca.

“Tetapi walaupun tidak terbaca kita tetap mengusulkan secara tertulis dan itu sudah diterima oleh Pihak Kemenpan RB pada 19 Juni lalu, sehingga dengan demikian, hal inilah yang diklarifikasi. Jika kita tidak melakukan klarifikasi, maka tahun ini Kabupaten Pohuwato tidak mendapatkan alokasi formasi penerimaan CPNS dan PPPK, jadi tidak ada rekrut pegawai. Padahal Pohuwato masih membutuhkan banyak pegawai”, terang Wabup.

Sehingga pertemuan dengan Deputi Bidang SDM Aparatur, kami telah menyampaikan kebutuhan yang ada di daerah. Bahkan disusul lagi atau diserahkan dokumen-dokumen arsip yang pernah diusulkan dan sudah diterima oleh Deputi. Dokumen tersebut sudah direspon dan akan ditindaklanjuti, mudah-mudahan itu bisa segera terealisasi, sehingga tahun ini kita bisa beroleh alokasi formasi penerimaan pegawai.

Kabid Kajian Pengembangan Aparatur dan Diklat, Rahmat Ma’ruf menambahkan bahwa pertemuan Rabu kemarin itu melakukan komunikasi dengan Menpan-RB terkait penerimaan CPNS dan P3K. Kaitan dengan usulan Insya Allah terealisasi, sehingga itu kami masih perjuangkan dan berusaha mudah-mudahan usulan tersebut bisa terakomodir. Artinya, formasi yang diusulkan bisa diterima.

Rahmat pun mengakui bahwa terjadi beberapa masalah di aplikasi e-formasi, sehingga saat ini juga beberapa daerah tidak dapat mengakses sistem informasi ini. Dengan adanya masalah pada sistem informasi Kemenpan-RB tersebut maka Pemda Pohuwato melalui Wabup Amin Haras langsung bergerak cepat menemui Kemenpan-RB dan menyerahkan kembali dokumen usulan yang disampaikan pada Juni lalu. (IK)




Bagikan ke Teman:

Dibaca : 417 Kali


responsive image Responsive image Responsive image
  • ON FACEBOOK
  • ON TWITTER

  • ON INSTAGRAM
  • CHANNEL YOUTUBE
  • DAKDAJKAJ
  • KONTAK ADMIN
  • DADHAJDKAJD
  • KUNJUNGAN

  • Hak cipta © BKPPD Kabupaten Pohuwato.
    Semua Hak Dilindungi.
    Dikelola oleh Bidang Sistem Informasi Kepegawaian