BKPP Pohuwato Akan Gelar Uji Kompetensi Terhadap Jabatan Pelaksana

Diposting tanggal: 07-10-2018


Dalam rangka mewujudkan system merit dalam pengelolaan Manajemen Aparatur Sipil Negara dan dalam rangka membangun data kompetensi ASN terintegrasi, Badan Kepegawaian Negara akan melakukan uji kompetensi berbasis Computer Assisted Test bagi seluruh Pejabat Pelaksana sebagai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Untuk menindaklanjuti kegiatan dimaksud, Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato melalui Surat Keputusan Bupati Pohuwato, Nomor : 800/BKPP/450.a/X/2018 tanggal 1 Oktober 2018 perihal Pemetaan Kompetensi bagi Jabatan Pelaksana di lingkungan Pemda Kabupaten Pohuwato, akan melaksanakan kegiatan Ujian Pemetaan Kompetensi berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk gelombang pertama sebanyak 537 Pejabat Pelaksana di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato.

Kegiatan ini akan dilaksakan di ruang CAT BKPP Kabupaten Pohuwato selama 3 (tiga) hari, yang dimulai pada hari Rabu tanggal 10 Oktober 2018 sampai dengan hari Jum'at tanggal 12 Oktober 2018.

Menurut Kabid KPAD, Rahmat Maruf, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka mewujudkan sistem merit dalam pengelolaan manajemen ASN, termasuk kebijakan dan manajemen SDM aparatur yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar yang tentunya berbeda dari penilaian fit and proper test. Karena penilaian Sistem Merit ASN berdasarkan prestasi kerja dan merupakan cerminan manajemen kepegawaian yang profesional, dimana penempatan pegawai dan pejabat menggunakan kompetensi kinerja dan track record sebagai alat ukur pengangkatan. “Itu yang akan diterapkan ke depan di Kabupaten Pohuwato”, Ujarnya.

Lanjut Rahmat, jika sistem ini diterapkan, selain menghasilkan figur pejabat yang mumpuni dan memiliki kinerja bagus juga tidak akan mengganggu kondisi internal karena memiliki kesinambungan dengan pejabat lama. Ini arahnya pada percepatan dan peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Pohuwato ke depan.

Bupati Pohuwato menegaskan dalam Surat Keputusannya bahwa, kegiatan ujian pemetaan kompetensi berbasis Computer Assisted Test (CAT) sifatnya wajib diikuti oleh seluruh pejabat pelaksana di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato. Bagi pejabat pelaksana yang tidak mengikuti pemetaan kompetensi, maka dianggap belum memenuhi standar kompetensi jabatan.

Guna kelancaran kegiatan ini peserta wajib membawa Surat Perintah Tugas dari atasan unit kerja masing-masing. Selain itu, peserta diharapkan hadir 15 menit sebelum pelaksanaan ujian pemetaan JFU di mulai dan untuk Kartu Peserta Ujian Pemetaan Kompetensi JFU tahun 2018 diserahkan oleh panitia pada saat memasuki ruangan ujian. (kktia)
 

INSTRUKSI BUPATI POHUWATO NOMOR: 800/BKPP/450.a/X/2018 TENTANG PEMETAAN KOMPETENSI BAGI JABATAN PELAKSANA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN POHUWATO DAN JADWAL PELAKSANAAN KOMPETENSI BERBASIS CAT UNTUK JABATAN PELAKSANA




Bagikan ke Teman:

Dibaca : 555 Kali


responsive image Responsive image Responsive image
  • ON FACEBOOK
  • ON TWITTER

  • ON INSTAGRAM
  • CHANNEL YOUTUBE
  • DAKDAJKAJ
  • KONTAK ADMIN
  • DADHAJDKAJD
  • KUNJUNGAN

  • Hak cipta © BKPPD Kabupaten Pohuwato.
    Semua Hak Dilindungi.
    Dikelola oleh Bidang Sistem Informasi Kepegawaian