Usai Pengumuman Hasil Seleksi CPNS, BKPP Pohuwato Percepat Proses Usul NIP

Diposting tanggal: 04-01-2019


POHUWATO – Pasca pengumuman hasil CPNS formasi tahun 2018 instansi pemkab pohuwato pada tanggal 3 Januari 2019, hari ini dilaksanakan pertemuan bersama 177 peserta seleksi yang dinyatakan lulus, guna membahas proses pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP) ke BKN.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Diklat BKPP Desa karya Indah Kecamatan Buntulia, Jumat (04/01), dihadiri oleh seluruh Kepala Bidang terkait dan pejabat pengawas serta unsur pelaksana yang ada di BKPP yang membidangi proses verifikasi dokumen usul NIP nanti.

Dalam penjelasannya secara umum, Kepala Bidang Pendayagunaan Aparatur, Lukman Husain mengatakan bahwa penyampaikan usul penetapan atau pemberkasan NIP maksimal hingga tanggal 28 Februari 2019 diterima oleh BKN.

“Batas usul NIP diterima BKN tanggal 28 Februari 2019 dan untuk penetapan NIP baru diproses oleh BKN setelah berkas usulan diterima lengkap oleh BKN. Olehnya hari ini semua kita kumpulkan untuk penjelasan secara teknis. Satu peserta mengalami kendala akan berpengaruh pada dokumen atau berkas usul NIP peserta yang lainnya” ujarnya mengingatkan.

Tentunya, hal ini berpengaruh terhadap kinerja instansi pada proses usul penetapan NIP dalam hal ini pemerintah kabupaten pohuwato, yang akan berdampak pada tanggal mulai bekerjanya pegawai hasil rekrutmen CPNS.

Menurut Lukman, ketepatan waktu pemerintah daerah dalam menyampaikan usul penetapan NIP CPNS 2018 akan turut menentukan waktu Terhitung Mulai Tanggal (TMT) pengangkatan CPNS 2018 yang juga merupakan tanggal dimulainya masa bertugas sebagai CPNS.

Senada dengan Kabid Pendayagunaan Aparatur, Kabid Sinka Ismail Pomalingo secara teknis menjelaskan bahwa percepatan proses usul NIP ini guna mengejar target TMT CPNS instansi pemerintah kabupaten pohuwato sudah mulai aktif bekerja per 1 Februari 2019.

“Apabila peserta molor dalam pengurusan berkas usul NIP, bisa jadi TMT mulai bertugas per 1 Maret 2019. Dan jika dalam jangka waktu proses usul NIP yang ditentukan BKN hingga tanggal 28 Februari peserta tidak melengkapi dokumen, maka peserta tersebut dinyatakan GUGUR”, Ujarnya mewanti-wanti.

Untuk itu, menurut dia proses pengurusan kelengkapan dokumen dan pemasukan berkas proses NIP CPNS instansi Pemerintah Kabupaten Pohuwato hanya diberikan waktu selama 1 (satu) minggu, mulai tanggal 7 sampai dengan tanggal 11 Januari 2019.

“Semua harus kompak saling berkoordinasi melalui koordinator yang telah ditunjuk, 177 peserta yang telah dinyatakan lulus harus saling dukung satu sama lain, kesalahan satu peserta akan mempengaruhi peserta yang lain. Jangan mendengarkan informasi dari sumber yang tidak jelas atau hoax. Informasi hanya melalui Group WhatsApp dan media sosial BKPP Pohuwato” jelas Kabid Sinka.

Ismail Pomalingo yakin dan memastikan apabila persoalan teknis proses usul NIP sudah dijelaskan secara rinci dan diantisipasi kesalahannya sejak awal secara cepat dan tepat, tidak akan ada kendala teknis yang menyebabkan keterlambatan. (abo)




Bagikan ke Teman:

Dibaca : 846 Kali


responsive image Responsive image Responsive image
  • ON FACEBOOK
  • ON TWITTER

  • ON INSTAGRAM
  • CHANNEL YOUTUBE
  • DAKDAJKAJ
  • KONTAK ADMIN
  • DADHAJDKAJD
  • KUNJUNGAN

  • Hak cipta © BKPPD Kabupaten Pohuwato.
    Semua Hak Dilindungi.
    Dikelola oleh Bidang Sistem Informasi Kepegawaian