Segera Dibuka Lowongan 238.015 CPNS Tahun 2018, Kuota Formasi Terbesar untuk Daerah

Diposting tanggal: 06-09-2018


Pemerintah akan segera membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2018. Pengadaan CPNS tahun ini dilaksanakan dalam konteks reformasi manajemen ASN secara keseluruhan. Hal ini dapat dilihat dengan adanya proses perencanaan yang matang melalui e-formasi, penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja sehingga penetapan formasi CPNS tahun 2018 lebih akuntabel.

Tak hanya pada proses perencanaan, proses seleksi CPNS dilaksanakan dengan lebih baik karena pendaftaran dan seleksi dilakukan secara online menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Mendaftar dari mana saja dan kapan saja bisa dilakukan. Saat pengerjaan soal tes selesai, peserta dapat mengetahui hasil tes secara langsung. Hal ini dijelaskan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji, pada acara Rakor Pengadaan CPNS Tahun 2018 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (06/09), seperti dikutip dari laman resmi Kemenpan-RB.

Rakor ini dihadiri oleh Para Pejabat Pimpinan Tinggi Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kantor Kepala Staf Presiden (KSP), Tim Panitia Seleksi Nasional seleksi CPNS 2018 serta Sekretaris Daerah dari 525 Provinsi/Kabupaten/Kota atau pejabat yang mewakili, dengan agenda pembahasan mengenai Kebijakan Pengadaan CPNS 2018, Persiapan Teknis Pengadaan CPNS 2018 hingga Mitigasi Risiko terkait Pengadaan CPNS 2018 di Lingkungan Pemerintah Daerah di Indonesia.

Dari hasil pantauan media BKPP Pohuwato, Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2018 untuk 238.015 orang yang akan ditempatkan di instansi pusat dan daerah. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 186.744 formasi dialokasikan untuk instansi daerah di 525 instansi, sedangkan 51.271 formasi ditempatkan di 76 instansi pusat.

Dalam kesempatan itu, Atmaji juga mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar membantu untuk menyebarkan berita resmi kepada masyarakat agar tidak ada kabar simpang siur. Informasi resmi dapat diperoleh dari website resmi Kementerian PANRB. “Masyarakat jangan mudah percaya terhadap seseorang yang menjanjikan untuk dapat diterima menjadi CPNS, Sudah tidak ada lagi titip menitip,” tegasnya.

Terkait pelaksanaan rekrutmen CPNS yang disinyalir paling besar-besaran sepanjang penerimaan CPNS di Indonesia, BKN telah menyiapkan lebih dari 176 titik lokasi untuk tes seleksi CPNS tahun 2018.

Dilansir dari laman resmi BKN, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana menjelaskan kesiapan lokasi tes seleksi CPNS 2018 hingga saat ini direncanakan akan dilaksanakan di 176 titik lokasi yang terdiri dari Kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, fasilitas mandiri dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Terdapat beberapa hal yang diperhatikan dalam perekrutan CPNS tahun 2018. Untuk 2018, ada 5 (lima) jabatan yang diproritaskan penetapannya, yaitu bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, jabatan fungsional dan teknis lain. Mereka yang berniat ingin menjadi CPNS harus melewati tiga jenis seleksi. Pertama, Seleksi Administrasi, selanjutnya Seleksi Kompetensi Dasar yang terdiri atas tiga tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ketiga, Seleksi Kompetensi Bidang untuk jabatan fungsional terkait.

Formasi Penerimaan CPNS 2018 Bakal Diumumkan di Portal SSCN. Badan Kepegawaian Negara melalui Biro Humas BKN mengatakan, formasi CPNS di pemerintah pusat dan daerah akan diinformasikan secara serentak kepada masyarakat luas saat nanti pendaftaran seleksi CPNS 2018 telah resmi dibuka.

Melihat banyaknya antusias masyarakat ingin mengikuti seleksi CPNS, BKN pun telah menyiapkan “jurus” agar server penerimaan CPNS 2018 tak tumbang. Jumlah pelamar sistem seleksi calon pegawai negeri sipil 2018 nanti diperkirakan bisa membeludak hingga 10 juta pendaftar. Jika menilik sistem perekrutan tahun-tahun sebelumnya, server acap kali kelebihan beban akibat jumlah pendaftar yang menumpuk pada satu waktu.

Badan Kepegawaian Negara telah melakukan penetration test, load test, serta memiliki belasan server yang fail safe. Jadi kalau server yang satu gagal, masih terselamatkan karena ada barisan server-server lain. Selain itu, BKN telah menyediakan disaster recovery center di tempat lain bilamana dalam satu kesempatan server milik BKN sedang mengalami hambatan.

Sistem seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) yang dikelola BKN kini dipersiapkan berstandar internasional agar mempermudah pelamar mulai dari fase pendaftaran. BKN beserta tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) hingga detik ini masih terus berupaya untuk melancarkan jalannya proses penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini.

Pantauan media BKPP Pohuwato hingga saat ini belum ada jadwal pendaftaran dan pelaksanaan seleksi, tetapi akan diberitahukan dalam waktu dekat melalui media resmi pemerintah di www.menpan.go.id, www.bkn.go.id, www.sscn.bkn.go.id




Bagikan ke Teman:

Dibaca : 2466 Kali


responsive image Responsive image Responsive image
  • ON FACEBOOK
  • ON TWITTER

  • ON INSTAGRAM
  • CHANNEL YOUTUBE
  • DAKDAJKAJ
  • KONTAK ADMIN
  • DADHAJDKAJD
  • KUNJUNGAN

  • Hak cipta © BKPPD Kabupaten Pohuwato.
    Semua Hak Dilindungi.
    Dikelola oleh Bidang Sistem Informasi Kepegawaian