Sebelum ikut SKD, Pelamar Perlu Pahami Tiga Item yang Diujikan

Diposting tanggal: 30-10-2018


Dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdapat 3 aspek yang diuji, yaitu: 1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 2. Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap peserta SKD harus mengerjakan 100 soal dengan rincian soal pada SKD terdiri dari 35 soal TWK, 30 TIU, & 35 TKP.

Masing-masing dari ketiga aspek tersebut, yang pertama Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam SKD, pelamar CPNS akan diuji penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Tes tersebut mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal TWK ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

Aspek yang kedua, yakni Tes Intelegensia Umum (TIU) dalam SKD akan menilai intelegensia peserta seleksi, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan.

Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. TIU juga untuk menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram.

Termasuk kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal TIU ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

Kelompok soal ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.

Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban, artinya jawaban yang salah pun masih memiliki nilai antara 1 sampai dengan 4. Karena itu, peserta diimbau untuk menjawab seluruh soal TKP.

Untuk penuhi passing grade formasi umum, pelamar cukup menjawab dengan benar 15 soal TWK, 16 soal TIU, & 29 soal TKP bernilai 5. Nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tahun 2018 yakni 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Ketentuan nilai passing grade ini adalah untuk pelamar CPNS dari formasi umum. Jika salah satu kelompok soal tidak terpenuhi nilai ambang batasnya, pelamar akan gugur dengan sendirinya.

Nah, siap ikut ujian SKD? Semangat #2019JadiASN dan Selamat belajar. (abo)




Bagikan ke Teman:

Dibaca : 794 Kali


responsive image Responsive image Responsive image
  • ON FACEBOOK
  • ON TWITTER

  • ON INSTAGRAM
  • CHANNEL YOUTUBE
  • DAKDAJKAJ
  • KONTAK ADMIN
  • DADHAJDKAJD
  • KUNJUNGAN

  • Hak cipta © BKPPD Kabupaten Pohuwato.
    Semua Hak Dilindungi.
    Dikelola oleh Bidang Sistem Informasi Kepegawaian