BKPP Pohuwato Terima Kunjungan BKPP Bonebol Terkait Anjab dan ABK

Diposting tanggal: 11-07-2019


POHUWATO – Guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, salah satu upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten pohuwato adalah dengan melaksanakan penataan Pegawai Negeri Sipil melalui Analisis Jabatan (Anjab), Analisis Beban Kerja (ABK), dan Evaluasi Jabatan (Evjab), yang kemudian hal ini telah dituangkan dalam sebuah sistem informasi yakni Electronic Career Development atau e-CD sejak tahun 2015.

Terkait penguatan birokrasi pemerintah melalui anjab dan ABK itulah Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Pohuwato kembali dikunjungi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo, Kamis (11/07).

Tim Bonebol yang berjumlah kurang lebih 200 orang ini sebelumnya telah diterima secara resmi oleh Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras dan Sekda Djoni Nento di Gedung Panua Kantor Bupati Pohuwato. Sebab kunjungan dari daerah yang sama-sama dibentuk pada 2003 ini selain mempelajari Anjab dan ABK, juga fokus pada studi tiru penyusunan LPPD oleh Bagian Tata Pemerintahan Setda Pohuwato.

Secara terpisah, tim yang mengunjungi BKPP Kabupaten Pohuwato dipimpin oleh Kabag Tata Usaha Pimpinan Setkab Bonebol, Anjar Adrian. Dalam rombongan ini hadir pula Kabid Pengembangan BKPP Bonebol, Slamet Warjoko Hulopi, Kasubag Keuangan dan Perencanaan, Ramlan Hadju, Kasubag Umum dan Kepegawaian, Sarini Gobel dan seluruh pelaksana unsur BKPP Bone Bolango dan Tata Usaha Pimpinan Setda Bone Bolango.

Secara garis besar, Kabid KPAD, Rahmat Maruf, menjelaskan bahwa Penyusunan Anjab, ABK, dan Evaluasi jabatan sangat penting untuk melakukan penataan PNS agar sesuai dengan kompetensi dan kualitas sumber daya yang dimiliki. Output akhir yang diharapkan adalah institusi yang semakin kuat dengan penataan yang tepat. Dalam rangka akselerasi percepatan reformasi birokrasi, maka dimanfaatkanlah teknologi informasi untuk meramu dokumen Anjab dan ABK menjadi sebuah sistem informasi yang mudah diakses kapan saja dan dimana saja ketika dokumen ini dibutuhkan.

Dalam kaitan ini, menurut Rahmat, Pemerintah Kabupaten Pohuwato telah mengembangkan Sistem Informasi Electronic Career Development sejak tahun 2015, yang didalamnya tertuang Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis beban kerja (ABK) berbasis online dengan harapan memudahkan proses penilaian Anjab dan ABK, bahkan sudah pada tahapan Standar Kompetensi Manajerian dan Kesenjangan Jabatan. (rw)




Bagikan ke Teman:

Dibaca : 236 Kali


Hak cipta © BKPPD Kabupaten Pohuwato.
Semua Hak Dilindungi.
Dikelola oleh Bidang Sistem Informasi Kepegawaian