BKPP Pohuwato Studi Banding ke BKPPD Bone Bolango Tentang Sistem Informasi PAK

Diposting tanggal: 13-01-2020


POHUWATO – Setiap tahunnya dalam periode kenaikan pangkat PNS khususnya di Kabupaten Pohuwato, Penetapan Angka Kredit (PAK) jabatan fungsional menjadi satu masalah yang serius dan sering terulang dengan kasus yang hampir sama setiap tahunnya, yakni banyak kesalahan pada saat pengusulan kenpa di setiap periode.

Berdasarkan hal ini, Pemerintah Kabupaten Pohuwato melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan di tahun 2020 akan meramu Sistem 1 (satu) portal untuk semua jabatan fungsional yang nantinya digunakan untuk kebutuhan Pengumpulan DUPAK dan Penetapan Angka Kredit (PAK).

Kegiatan ini diawali dengan melakukan studi tiru dan kajian mengenai penerapan Sistem Informasi yang akan dijalankan secara daring ini, Senin (13/01). Lokus kunjungan BKPP Kabupaten Pohuwato adalah Kabupaten Bone Bolango, yakni BKPPD Kabupaten Bonebol yang telah menerapkan Penetapan Angka Kredit berbasis Sistem Informasi di wilayah Kerja Kantor Regional XI BKN Manado.

Rombongan BKPP Kabupaten Pohuwato diterima langsung oleh Sekretaris BKPPD Bone Bolango, Ramli Lalu, M.Pd, didampingi Kasubid Mutasi dan Kepangkatan, Rini Pakaya, SE dan Kasubid Data dan Informasi, Rahmat Jahja.

Tujuan kedatangan BKPP Pohuwato ini adalah untuk melihat secara langsung bagaimana penerapan Penetapan Angka Kredit melalui Sistem Informasi di Kabupaten Bone Bolango, khususnya untuk proses pengusulan PAK untuk kenaikan pangkat PNS Jabatan Fungsional. Di Pemkab Pohuwato sendiri sudah banyak sistem informasi dalam pengelolaan kepegawaian yang terbangun, namun belum menyentuh ranah Penetapan Angka Kredit PNS Jabfung.

Sekretaris BKPPD Bone Bolango, Ramli Lalu memaparkan bahwa si-Lapak (Aplikasi Pelaporan Penetapan Angka Kredit) di Kabupaten Bone Bolango sudah diterapkan sejak tahun 2018, dan hingga saat ini masih terus difungsikan dan dilakukan pengembangan sesuai dengan perubahan-perubahan regulasi yang ada.

Tim BKPP Pohuwato yang terdiri dari Kabid KPAD dan Plt. Kabid Sinka melihat langsung proses transaksi pelaporan PAK dalam sistem informasi, baik untuk jabatan fungsional guru dan tenaga kesehatan.

“Kami sangat berterima kasih, karena BKPPD Bone Bolango telah berbagi ilmu dan pengalaman terkait penerapan sistem ini, dan insya Allah modul pelayanan Penetapan Angka Kredit ini akan kami adopsi dan kami kembangkan sesuai kebutuhan di Pemerintah Kabupaten Pohuwato”, Ujar Kabid KPAD. (rw)




Bagikan ke Teman:

Dibaca : 612 Kali


Hak cipta © BKPPD Kabupaten Pohuwato.
Semua Hak Dilindungi.
Dikelola oleh Bidang Sistem Informasi Kepegawaian