Wakil Bupati Buka Tahapan Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Pohuwato

Diposting tanggal: 28-07-2020


POHUWATO – Tahapan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Pohuwato resmi dibuka hari ini oleh Wakil Bupati, Amin Haras, Selasa (28/7/2020) bertempat di Hotel Maqna Kota Gorontalo. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala BKPP Fitriyani Lasantu dan jajarannya, Asisten Pemerintah Setda Provinsi Gorontalo dan Kepala BPKP Perwakilan Gorontalo yang masuk dalam jajaran Pansel.

Menurut Ketua Panitia Seleksi JPT Kabupaten Pohuwato Prof. Dr. Rauf A. Hatu, M.SI, Seleksi JPT Pratama Sekda Pohuwato dibuka untuk para pejabat di lingkungan kabupaten kota se Provinsi Gorontalo serta pejabat di lingkungan pemerintah Provinsi Gorontalo.

Lebih lanjut, Prof Rauf menjelaskan, pada seleksi JPT Sekda ada empat peserta yang memenuhi syarat dan akan mengikuti beberapa tahapan uji kompetensi, yakni Drs. Achmad Jusuf Djuuna, Bahari Gobel, S.IP, Mahyudin Ahmad, S.IP.,MH, dan Iskandar Datau, S.Sos.,M.Si.

“Dari empat orang pejabat yang memenuhi syarat tersebut, panitia akan memilih tiga orang sesuai hasil seleksi untuk diusulkan kepada Bupati, kemudian dari tiga orang ini, oleh bupati sebagai pejabat pembina kepegawaian memilih lagi satu orang yang akan menjadi Sekda Pohuwato definitif dengan berkonsultasi ke Gubernur, KASN dan Kemendagri”, jelasnya.

Beliau pun membeberkan mekanisme kerja tim pansel yang independen, termasuk prosedur perankingan dalam Uji kompetensi nanti.

“Prosedur penilaian kami melalui mekanisme perangkingan, jadi hasil nanti akan didapatkan dari 4 aspek penilaian yang didalamnya ada banyak indikator uji kompetensi, Keempat aspek ini adalah Penilaian kompetensi manajerial, uji gagasan melalui penulisan makalah, uji gagasan melalui wawancara dan rekam jejak perjalanan karir. Bobot nilai antara 75 sampai dengan 100”, ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Amin Haras dalam sambutannya mengatakan bahwa seleksi terbuka ini merupakan bagian dari proses reformasi birokrasi dan sebuah keharusan. Karena kata dia, administrasi pemerintahan harus berjalan, di mana Sekda bertindak selaku pemegang jabatan administrasi tertinggi.

“Jabatan Sekda pohuwato punya peran yang sangat penting dan strategis di jajaran pemerintah daerah, dimana tentu seorang sekda ini betul-betul merupakan jabatan yang akan menggerakan semua kebijakan dan program pimpinan dan sekaligus jabatan yang menjembatani seluruh kepentingan perangkat daerah” Kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati pun meminta kepada seluruh peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekda Pohuwato agar dapat mengikuti tahapan seleksi ini dengan serius dan berharap pada bulan September nanti sudah ada pejabat Sekda Pohuwato yang definitif.

Hingga informasi ini diterbitkan, pelaksanaan tahapan seleksi terbuka masih berlangsung. Hari ini untuk materi tes kompetensi manajerial dan uji gagasan melalui penulisan makalah, dan dilanjutkan besok (29/7/2020) untuk materi uji gagasan melalui wawancara, dan penelusuran rekam jejak. (rw)




Bagikan ke Teman:

Dibaca : 181 Kali


Hak cipta © BKPPD Kabupaten Pohuwato.
Semua Hak Dilindungi.
Dikelola oleh Bidang Sistem Informasi Kepegawaian