BKPSDM Minahasa Tenggara Lakukan Studi Tiru Penerapan Layanan Kepegawaian Secara Digital

Diposting tanggal: 09-11-2020


POHUWATO –Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Pohuwato menerima silaturahmi dan kunjungan kerja dari BKPSDM Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka studi banding mempelajari tahapan pengelolaan dan penerapan layanan kepegawaian secara digital, Senin (9/11/2020).

Rombongan BKPSDM Kabupaten Minahasa Tenggara yang dipimpin Kepala Bidang Pengembangan, Mutasi dan Promosi BKPSDM Mitra, Andrew A. Jowangkay, SE, MM, disambut langsung oleh Sekretaris Badan Kepegawaian, Yusni Rahman, S.Pd.,M.Si, turut mendampingi Kepala Bidang Sistem Informasi Kepegawaian, Syaiful Safril Luma, SE.

Dalam hal pelayanan administrasi kepegawaian secara digitalisasi menggunakan dokumen paperless kepegawaian, BKPP Kabupaten Pohuwato telah menerapkannya diawal tahun 2020 melalui instruksi Bupati Pohuwato Nomor 167/Ins/BKPP/801-III sebagai tindaklanjut kebijakan layanan kepegawaian berbasis paperless yang dikeluarkan oleh Kantor Regional XI BKN Manado.

“Kesiapan kami diawal penerapan, terutama pada SDM pelaksana dan sarana prasarana yang dimiliki Kabupaten Pohuwato dalam hal metode paperless dalam layanan kepegawaian dilingkungan pemerintah Kabupaten Pohuwato Alhamdulillah sudah siap”, Ungkap Sekban Yusni Rahman.

Menimpali sekban, Kabid Sinka Syaiful Safril menjelaskan bahwa untuk menjawab metode layanan kepegawaian berbasis paperless yang diterapkan Kantor Regional XI BKN Manado, Kabupaten Pohuwato membangun sebuah sistem yang sederhana yakni SEPAKAT Pohuwato atau Sistem Elektronik Pelayanan Administrasi Kepegawaian Terpadu.

“Kami membangun Aplikasi Sepakat Pohuwato untuk mempermudah proses layanan kepegawaian berbasis paperless ke Kantor Regional XI BKN Manado melalui aplikasi Maleo 1.9”, terangnya.

Skema layanan dan penamaan dokumen, lanjut Syaiful, mengikuti ketentuan yang ada pada aplikasi Maleo Kanreg XI BKN Manado.

“Hanya alurnya yang sedikit berbeda, namun pada prinsipnya kami menerapkan layanan ini mengacu pada ketentuan yang ada di aplikasi maleo milik Kanreg XI BKN Manado”, Ujar Syaiful.

Ia menyampaikan bahwa pelayanan kepegawaian secara digital tersebut akan tercapai hanya dengan komitmen tinggi dan kinerja seluruh pegawai, utamanya pengelola kepegawaian di setiap perangkat daerah. (rw)




Bagikan ke Teman:

Dibaca : 199 Kali


Hak cipta © BKPPD Kabupaten Pohuwato.
Semua Hak Dilindungi.
Dikelola oleh Bidang Sistem Informasi Kepegawaian