Terus Berbenah, Pemkab Pohuwato Mulai Dekati Kategori Baik Penerapan Sistem Merit

Diposting tanggal: 14-10-2021


POHUWATO - Pemerintah Kabupaten Pohuwato, hanya membutuhkan 33 poin lagi untuk mencapai Kategori Baik pada penerapan sistem merit. Dari delapan aspek penilaian yang ada, Pemerintah Kabupaten Pohuwato tercatat masih membutuhkan kerja keras pada unsur penilaian pengembangan karier, promosi dan mutasi, serta manajemen kinerja. 

Sekban Yusni Rahman yang mewakili Kepala Badan Kepegawaian saat mengikuti kegiatan verifikasi penerapan sistem merit bersama KASN, Kamis (14/10/2021), mengaku pihaknya sangat termotivasi untuk meraih predikat baik.

“Kami sangat semangat dan termotivasi untuk mencapai kategori baik, sehingga di 2 minggu kedepan kami akan berupaya untuk memenuhi hasil evaluasi KASN, demi terwujudnya penerapan sistem merit sebagai kerangka manajemen ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pohuwato,” ujar Sekban Yusni.

 “Komitmen kami untuk terus berupaya meningkatkan nilai dengan mengikuti arahan dari KASN. Meski saat ini jujur saja kami sebenarnya masih kekurangan di aspek pengembangan karir, mutasi dan promosi. Tantangan ini justru memicu kami di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk terus menjadi yang terbaik,” jelas Yusni.

Menanggapi capaian Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Asisten Komisioner KASN Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah 1, Muhlis Irfan, menyebut nilai awal tidaklah statis dan justru menjadi starting point untuk menjadi kategori Baik.

“Bukan hal mustahil, ketika nanti setelah verifikasi oleh KASN, catatan dan rekomendasi dari KASN ditindaklanjuti dan dipenuhi serta diunggah bukti dukungnya pada aplikasi SIPINTER oleh Pemerintah Kabupaten Pohuwato, akan membawa daerah ini ke Kategori Baik” ungkapnya menyemangati. 

Ia menyebut, KASN akan memberikan catatan untuk Kabupaten Pohuwato agar melengkapi lagi sub-aspek penilaian mandiri. Bukti yang diperlukan terutama pada aspek pengembangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja serta standar kompetensi jabatan administrator yang bobotnya cukup tinggi untuk mendongkrak penilaian. Hal-hal yang mudah pada setiap aspeknya diharapkan dipenuhi dan dilengkapi sebelum 30 November 2021 mendatang.

Asisten Komisioner KASN Muhlis Irfan pun sangat mengapresiasi komitmen kuat Pemerintah Kabupaten Pohuwato. Dengan kemauan tersebut, bukan hal yang mustahil, capaian kali ini membuat optimistis KASN dapat mengajukan Kabupaten Pohuwato pada penetapan nilai akhir sistem merit pada akhir November nanti.

Sebagai informasi, Periode pertama penilaian mandiri sistem merit di Kabupaten Pohuwato dari tanggal 19 Maret 2020 hingga 28 Februari 2021 dengan capaian total akhir instansi sebesar 199. Pada periode kedua penilaian mandiri dari tanggal 01 Maret 2021 hingga saat ini, total akhir hasil evaluasi KASN untuk Pohuwato sebesar 235,5. Kabupaten Pohuwato masih membutuhkan 33 poin lain untuk mencapai nilai 268,5 dengan kategori Baik.

Turut hadir dalam Kegiatan Verifikasi dan evaluasi KASN yang dilakukan secara daring untuk penilaian mandiri penerapan sistem merit, unsur Pejabat administrator Badan Kepegawaian, Sekretaris Inspektorat Daerah dan Unsur Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Pohuwato. (rw)




Bagikan ke Teman:

Dibaca : 95 Kali


Hak cipta © BKPPD Kabupaten Pohuwato.
Semua Hak Dilindungi.
Dikelola oleh Bidang Sistem Informasi Kepegawaian