12 PNS Ikut Ujian Dinas Tingkat I dan II Serta Ujian Penyesuaian Ijazah

19-07-2022 | 511 Kali


POHUWATO – Pemerintah Kabupaten Pohuwato menyelenggarakan kegiatan Ujian Dinas Tingkat I, Ujian Dinas Tingkat II dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP) Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pohuwato Tahun Anggaran 2022, selama 3 (tiga) hari dari tanggal 19 s.d 21 Juli 2022.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala BKPP yang diwakili Kepala Bidang KPAD, Sarlina La Baco, SH pada Selasa (19/07/2022) didampingi Analis Kepegawaian sub koordinator Kajian dan Pengembangan Aparatur, Zet Hunowu, S.AP, bertempat di Gedung Diklat BKPP, Desa Karya Indah Kecamatan Buntulia.

Ujian Dinas naik tingkat dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat di periode pertama tahun ini diikuti oleh 12 Pegawai Negeri Sipil yang telah mendaftarkan diri dari tanggal 14 Juni s.d 30 Juni 2022 dan telah dinyatakan memenuhi persyaratan kepesertaan maupun persyaratan administrasi.

Disampaikan oleh Kabid KPAD, Sarlina La Baco, maksud dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pohuwato yang akan naik pangkat ke golongan yang lebih tinggi sesuai dengan masa kerja yang dimiliki atau telah memperoleh ijazah yang baru berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebelum PNS yang bersangkutan dipertimbangkan untuk dinaikkan pangkatnya ke pangkat golongan ruang yang lebih tinggi, dengan ketentuan apabila PNS tersebut tidak lulus dalam ujian dinas nanti, maka kepada yang bersangkutan dapat mengikuti kembali ujian pada tingkat yang sama di pelaksanaan ujian dinas periode berikutnya”, ujar Sarlina.

Ia mengingatkan bahwa materi Ujian Dinas yang akan diikuti peserta selama 3 (tiga) hari kedepan, yakni tentang penguasaan kompetensi dasar yang terdiri dari pengetahuan umum, Peraturan Perundang-Undangan di Bidang Kepegawaian, Penyelenggaraan Pemerintahan, Pengetahuan Perkantoran, Etika PNS dan Tes Kematangan serta Sosiabilitas.

Materi ujian yang kedua adalah tes dasar penguasaan perangkat komputer terutama aplikasi perkantoran microsoft word dan microsoft excel. Hal ini menjadi bagian dari materi ujian dinas dan UPKP karena menurut Kabid KPAD, aplikasi perkantoran ini sering dijumpai dalam dunia kerja bahkan menjadi bagian dari pekerjaan PNS yang sekarang telah memanfaatkan perangkat komputer. Selain diuji penguasaan komputer, termasuk didalam ujian ini adalah uji pemahaman tentang penyusunan tata naskah dinas yang baik dan benar. Dan materi ujian yang terakhir adalah presentase karya tulis tentang penguasan tupoksi.

Sebagai informasi, dari total 12 peserta yang ikut ujian dinas, terdiri dari 6 PNS ikut Ujian Dinas Tingkat I, 3 PNS ikut Ujian Dinas Tingkat II dan 2 PNS ikut Ujian Dinas Penyesuaian Ijazah. (oel)



Silakan berikan komentar atau saran tentang topik: 12 PNS Ikut Ujian Dinas Tingkat I dan II Serta Ujian Penyesuaian Ijazah, melalui tombol komentar dibawah.

Bagikan Informasi ke teman:

Hak cipta © BKPSDM Kabupaten Pohuwato
Semua Hak Dilindungi
Dikelola oleh Bidang P2 Inka
Peta Situs | Hubungi Kami