Uji Nyali di Caraka Malam dan Penutupan ASBN Latsar CPNS Tahun 2022

25-07-2022 | 3631 Kali


POHUWATO – Sebanyak 49 Agen Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan XIX dan Golongan III Angkatan LII mengikuti upacara penutupan Api Semangat Bela Negara (ASBN) dengan khidmat di Halaman Kampus Diklat BKPP Kabupaten Pohuwato, pada Minggu dini hari (24/07/2022), tepat pukul 02.00 WITA.

Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Kesiapsiagaan Bela Negara, yang diawali dengan Kegiatan Caraka atau Jurit Malam yang mengambil lokasi di Lembah Karya Indah Kecamatan Buntulia, bukit sebelah utara Gedung Diklat, mulai pukul 21:00 WITA, Sabtu (23/07/2022).

Menurut Kabid KPAD, Sarlina La Baco, Upacara penutupan api semangat bela negara merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran kesiapsiagaan bela negara dari agenda satu pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.

Agenda satu pada Latsar CPNS, lanjutnya adalah Sikap Perilaku Bela Negara. Pada agenda ini terdiri dari 3 (tiga) pokok bahasan yang terdiri dari Wawasan kebangsaan dan nilai-nilai bela negara, Analisis isu kontemporer, dan Kesiapsiapsiagaan bela negara yang malam ini kegiatannya kita awali dengan Caraka Malam yang bertujuan untuk melatih kepemimpinan, kemandirian, keberanian dan memecahkan masalah dalam waktu yang singkat, serta mengasah kerja sama antar peserta.

49 Agen Latsar CPNS dibagi dalam 11 regu dan harus melewati empat pos selama kegiatan jurit malam. Di tiap pos telah disediakan misi yang harus dijalankan agen latsar serta diuji kognisinya mengenai pengetahuan Bela Negara.

Setelah seluruh peserta melewati berbagai rintangan dan menyelesaikan misi di empat pos, peserta kemudian mengikuti upacara Api Unggun yang dipimpin oleh Kepala Bidang KPAD, Sarlina La Baco, SH.

Dalam sambutannya Kabid KPAD, menuturkan bahwa Kesiapsiagaan bela negara merupakan aktualisasi nilai-nilai bela negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai peran dan profesi warga negara, demi menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman yang pada hakikatnya mendasari proses nation and character building.

Tak lupa, ia memberikan motivasi kepada seluruh agen Latsar CPNS angkatan XIX dan LII untuk terus bersemangat dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan selanjutnya. (ysm)



Silakan berikan komentar atau saran tentang topik: Uji Nyali di Caraka Malam dan Penutupan ASBN Latsar CPNS Tahun 2022, melalui tombol komentar dibawah.

Bagikan Informasi ke teman:

Hak cipta © BKPSDM Kabupaten Pohuwato
Semua Hak Dilindungi
Dikelola oleh Bidang P2 Inka
Peta Situs | Hubungi Kami