Optimalisasi Formasi Penyebab Ditundanya Pengumuman Hasil Seleksi PPPK JF Guru

07-02-2023 | 797 Kali


POHUWATO – Pengumuman hasil seleksi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Jabatan Fungsional Guru Tahun 2022, yang seyogianya dilaksanakan tanggal 2 sd. 3 Februari 2023 ditunda.

“Pengumuman hasil seleksi PPPK Guru TA 2022 ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut. Untuk informasi selanjutnya silakan cek secara berkala di gurupppk.kemdikbud.go.id,” demikian pengumuman Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun media sosial @bkngoidofficial, Kamis (02/02/2023).

Pengumuman di laman gurupppk.kemdikbud.go.id juga menyampaikan hal yang sama, bahwa Pengumuman Pengumuman hasil Seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2022 ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani menjelaskan, penundaan pengumuman hasil seleksi dilakukan karena masih ada kuota yang belum terserap dalam pelaksanaan seleksi untuk formasi pelamar prioritas satu (P1), pelamar prioritas dua (P2), pelamar prioritas tiga (P3), dan pelamar umum. Panselnas mengupayakan formasi yang masih kosong dapat dimanfaatkan.

Oleh karena itu, Nunuk mengatakan, Panselnas melakukan koordinasi untuk mengoptimalkan upaya pemenuhan kebutuhan PPPK jabatan fungsional guru di instansi daerah.

"Langkah optimalisasi formasi dan sinkronisasi data ini membutuhkan waktu sehingga berimplikasi pada penundaan pengumuman hasil seleksi," kata Nunuk.

Nunuk juga menjelaskan bahwa menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 Tahun 2022, Kemendikbudristek dapat merekomendasikan pengalihan penempatan guru yang tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah.

"Insya Allah Panselnas akan mengumumkan hasilnya sekitar minggu ketiga atau keempat bulan Februari sesuai arahan BKN," kata Nunuk Suryani.

Soal ditundanya pengumuman, Pemerintah Kabupaten Pohuwato melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menyampaikan bahwa pihaknya masih menunggu perkembangan informasi terbaru dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemendikbudristek dan BKN.

“Tidak ada tanggal pasti terkait jadwal perubahan tentatif yang diterima Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pohuwato. Harapan saya, agar dalam masa penundaan pengumuman ini agar peserta menghindari informasi yang tidak jelas kebenarannya. Menunggu saja informasi resmi dari Panselnas,” Harap Ikbar A.T Salam, Jumat (3/2/2023).

Sementara itu, Kepala BKPSDM Pohuwato, Supratman Nento mengungkapkan bahwa penundaan pengumuman ini disebabkan adanya optimalisasi formasi oleh kementerian terkait.

“Kita tunggu saja pengumuman resminya di minggu ketiga atau keempat Bulan Februari 2023 ini sesuai dengan pemberitahuan Panselnas”, Kata Supratman, Senin (07/02/2023). (rw)



Silakan berikan komentar atau saran tentang topik: Optimalisasi Formasi Penyebab Ditundanya Pengumuman Hasil Seleksi PPPK JF Guru, melalui tombol komentar dibawah.

Bagikan Informasi ke teman:

Hak cipta © BKPSDM Kabupaten Pohuwato
Semua Hak Dilindungi
Dikelola oleh Bidang P2 Inka
Peta Situs | Hubungi Kami